Melihat Keunikan dan Keindahan 5 Rumah Adat Riau Lengkap

Posted on

Melihat Keunikan dan Keindahan 5 Rumah Adat Riau Lengkap

Rumah Adat Riau – Keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia tidak hanya dari budayanya saja tetapi juga dari suku, ras, sampai rumah adatnya yang beragam. Rumah adat Indonesia menjadi warisan budaya dari nenek moyang kita yang harus dijaga dan dilestarikan.

Corak dan ornamen pada rumah adat Riau ini sangat khas dan mempunyai makna serta historisnya sendiri. Berikut ini penjelasan tentang Rumah Adat Riau dan penjelasannya.

Balai Salaso Jatuh

Fungsi rumah adat ini sangat penting. Bukan hanya dijadikan tempat tinggal, tapi rumah ini juga menjadi tempat musyawarah atau tempat rapat secara adat masyarakat Riau. Nama lain dari rumah adat ini sesuai fungsinya yaitu Balairung Sari, Balai Penobatan, Balai Kerapatan dan lain-lain.

Karakteristik dari balai ini adalah adanya selaras yang mengelilingi bangunan. Posisi lantai lebih rendah dari ruang tengah. Ukuran dan corak pada rumah ini biasanya berupa hewan/tumbuhan.

Rumah Melayu Atap Lontik

Atau yang biasa disebut Rumah Lancang atau Pencalang merupakan tempat tinggal suku bangsa Melayu di Lima Koto, Riau. Dinamakan lancang/pelancang karena hiasan kaki dindingnya menyerupai perahu/pelancang. Biasanya rumah ini dibangun di pinggir sungai, sehingga bentuk bangunannya berupa rumah panggung agar terhindar dari banjir atau serangan binatang buas.

Rumah Adat Riau Salaso Jatuh Kembar

Rumah ini menjadi ikon/simbol provinsi Riau yang bentuknya hampir sama dengan Salaso Jatuh. Bangunannya berupa rumah panggung yang ukurannya besar dan bertingkat. Rumah ini juga terdiri dari banyak ruangan, karena tidak dijadikan tempat tinggal. Ada pula ruangan untuk bermusyawarah pertemuan adat, menyimpan benda-benda adat seperti alat musik tradisional, hingga dapur.

Baca Juga :   Contoh Negara Maju Dan Negara Berkembang Lengkap

Rumah Melayu Lipat Kajang

Bentuk rumah ini menyerupai perahu. Bentuk bumbung curamnya disebut Lipat Kajang karena dapat memudahkan air hujan turun. Seiring dengan berkembangnya zaman, konsep bangunan rumah adat ini semakin modern tetapi jarang ditemukan dan digunakan oleh masyarakat Riau.

Rumah Melayu Atap Limas Potong

Adalah rumah adat yang sering digunakan oleh kebanyakan masyarakat Riau. Bentuk atapnya seperti bangunan limas terpotong. Tingginya sekitar 1,5 m keseluruhan bangunannya terbuat dari kayu/papan. Semakin kaya pemilik rumah maka bentuk rumahnya pun semakin besar.

Itulah beberapa macam Rumah Adat Riau dengan penjelasannya lengkap. Semoga artikel ini menjadi referensi tepat bagi anda dan bermanfaat.

Baca Juga :