Pengertian Justifikasi Lengkap

Posted on

Pengertian Justifikasi Lengkap

Justifikasi Artinya – Pembuktian atas proses dalam menyodorkan fakta yang mendukung hipotesis/proposisi. Pengertian justifikasi yaitu proses pembuktian mengenai pernyataan yang berdasarkan definisi, teorema, lemma, yang telah dibuktikan sebelumnya.

Pengertian justifikasi adalah pembenaran yang juga sekaligus alasan, pertimbangan, bukti/fakta yang membuat tindakan/keputusan yang diambil dengan wajar dan benar. Contohnya saat gaji pegawai dinaikkan pelayanan masyarakat diharapkan meningkat. Harapan supaya pelayanan pada masyarakat bisa ditingkatkan ini disebut juga dengan justifikasi.

Dalam kehidupan sehari-hari kita juga melakukan justifikasi pada diri sendiri, yang biasanya merupakan self defense atau pertahanan diri sehingga kita merasa telah melakukan/memutuskan hal yang benar. Contohnya saat terlambat bangun lalu ingat ada tugas yang belum dikerjakan, lalu kita segera pergi ke kampus dan mencontek pekerjaan milik teman. Dalam hati kita berjanji akan mempelajarinya walaupun itu hasil mencontek, tapi setidaknya kita paham apa isinya. Kita berupaya untuk membenarkan hal itu walaupun tahu bahwa tindakan kita tidak benar.

Kata pembenaran ini digunakan untuk mengganti istilah justifikasi, yang menimbulkan konotasi negatif karena kata pembenaran ini seolah-olah membenarkan hal yang tak benar. Padahal sebenarnya makna dari justifikasi itu tidak sesempit itu. Justifikasi yang dibuat pada tindakan/keputusan bisa benar atau sengaja dibenarkan. Bisa juga benar tapi tidak tepat. misalnya seseorang yang dirampok dan ditodong dengan senjata, lalu berusaha melawan hingga si perampok itu tewas. Orang itu akan membuat justifikasi atas apa yang dilakukannya. Justifikasi yang dibuat itu benar, walaupun kurang tepat karena bisa saja ia melumpuhkan perampok itu tanpa harus membunuhnya.

Di dalam proyek pembangunan, dikenal istilah teknis/teknik. Yang dimaksud dengan justifikasi teknik adalah penyesuaian yang dilakukan dalam proyek pembangunan jalan serta jembatan. Rancangan yang sudah dibuat tak bisa diaplikasikan 100% dengan akurat, karena kondisi lapangan biasanya tak terduga. Sehingga justifikasi teknik sangat dibutuhkan untuk menganalisa serta menghitung lagi kebutuhan, lalu disesuaikan dengan anggaran.

Baca Juga :   Hukum Perdata di Indonesia : Pengertian, Kaidah dan Sumbernya Lengkap

Pengertian lainnya dari istilah justifikasi diantaranya yaitu :

  1. Justifikasi penelitian adalah landasan tentang mengapa dilakukannya penelitian/alasan penting di dalam teori dalam berpikir dalam penelitian, baik penelitian praktis/teoritis. Tujuan justifikasi penelitian ini adalah sebagai alat untuk memahami pengertian penelitian dan relevansinya, dan menjelaskan alasan dan juga dampaknya jika penelitian itu tak bisa dilakukan dan sebagainya.
  2. Justifikasi masalah adalah alasan, fakta, seberapa besar masalah dan pengaruh yang timbul serta benang merah dalam masalah. Justifikasi masalah ini bukan mencari masalah atau membuat masalah, tujuannya yaitu untuk menemukan benang merah dari masalah sehingga nanti ujung pangkalnya bisa diuraikan dari kondisi yang kuat.
  3. Justifikasi anggaran adalah rincian rencana dalam menggunakan anggaran, yang biasanya dibuat dalam bentuk lampiran dengan format tabel. Justifikasi kegiatan anggaran ini biasanya berisi hal tentang jenis/kategori pengeluaran, justifikasi pemakaian atau masa pakai, kuantitas atau jumlah item, harga satuan serta harga total.
  4. Justifikasi pancasila adalah dasar negara, artinya pancasila mempunyai pembenaran konstitusional melalui UUD 45 serta ketetapan MPR. Sehingga pancasila memiliki dasar yang kuat sehingga eksistensinya tak dapat dianggap remeh apalagi jika diabaikan dengan alasan apa saja.
  5. Justifikasi dalam iklan adalah bagian iklan yang kegunaannya meyakinkan konsumen untuk dapat langsung action atau bertindak serta bersikap positif pada produk/jasa yang diiklankan. Sedangkan justifikasi iklan adalah bagian teks dari suatu iklan yang menjadi petunjuk ke mana atau di mana masyarakat dapat memperoleh produk/jasa yang ditawarkan iklan itu sendiri.
  6. Justifikasi pemakaian adalah perkiraan akan masa pakai produk/jasa yang dinilai dari pertimbangan penggunaan normal.
  7. Justifikasi di dalam teks eksplanasi adalah pembenaran bahwa teks yang ditulis itu merupakan suatu hal yang diterangkan dengan kasual, dan hal itu memang benar.
Baca Juga :   Buku Digital : Pengertian, Fungsi Dan Jenis Yang Paling Umum Lengkap

Sekian pembahasan tentang Pengertian Justifikasi serta jenis-jenis dan penjelasannya lengkap. Semoga dapat dipahami dan dapat menambah wawasan anda.

Baca Juga :